Rabu, 11 November 2015

MODEL-MODEL KELEMBAGAAN PENDIDIKAN


Ini merupakan salah satu hasil observasi saya bersama teman-teman seangkatan mengenai model-model kelembagaan pendidikan 

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan adalah hal terpenting dalam kehidupan seseorang. Melalui pendidikan, seseorang dapat dipandang terhormat, memiliki karir yang baik serta dapat bertingkah sesuai norma-norma yang berlaku. Tujuan pendidikan itu untuk menciptakan pribadi berkualitas dan memiliki karakter sehingga mempunyai visi yang luas kedepan untuk menggapai cita-cita yang diharapkan serta mampu beradaptasi secara efisien dalam berbagai lingkungan. Jadi salah satu konsep pendidikan itu sendiri adalah untuk sarana motivasi diri supaya menjadi lebih baik.
 Pendidikan bisa dimulai semenjak bayi masih berada dalam kandungan seperti yang banyak orang lakukan dengan memperdengarkan musik, membaca untuk sang bayi yang masih berada dalam kandungan atau mengajaknya bercakap-cakap. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat memberi masukan ilmu kepada sang bayi sebelum proses kelahiran. Dalam kelembagaan pendidikan tidak hanya berbentuk umum saja tetapi ada juga yang kelembagaannya berbentuk pondok pesantren.
Pondok pesantren merupakan satu bentuk pendidikan  keislaman yang melembaga di Indonesia. Dalam perkembangannya, menampakkan keberadaan sebagai lembaga pendidikan  Islam yang mumpuni, di dalamnya didirikan sekolah, baik secara formal maupun nonformal. Salah satunya adalah pondok pesantren Darul Muhibbin yang ada di Slegrengan, Kalitengah, Wedi, Klaten. Pondok pesantren tersebut terdiri dari pendidikan formal TK dan pendidikan SD, bisa juga dikatakan sekolah satu atap.
Pendidikan tingkat SD yang ada disitu hanya ada 4 kelas yaitu kelas 1 sampai kelas 4 karena masih baru berdiri 4 tahun bagi yang tingkat SD. Sedangkan tingkat TK sudah lumayan lama berdiri. Sekolah formal TK dan SD Islam Darul Muhibbin tersebut pendidikannya lebih condong ke pendidikan islam daripada pendidikan umumnya. Jika dipresentasekan kira-kira pendidikan umumnya hanya 30% sedangkan yang 70% ke pendidikan islamnya, dan juga sekolahan tersebut juga memiliki ekstra kurikuler seperti sekolah-sekolah umum biasanya contonya drumband dan sebagainya, tetapi ada juga ekstra membaca al-qur’an.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    SEJARAH
Pada mulanya Bapak K.H MUHAMMAD LUTFI bersama temannya  dari madiun jawa timur mendirikan PONDOK PESANTREN, beliau mendirikan PONPES Darul Muhibbin, namun pada tahun 2006 beliau meninggal dunia karena gempa dan bangunan rumahnya roboh dan menjatuhi beliau. Setelah beliau wafat diteruskan oleh anaknya yang bernama ADNAN BISRI. Namun seiring berjalannya waktu para santri  sebagian ada yang menikah, pulang ke kampung halamannya  dan ada juga yang masih disitu namun akhirnya tetep dipulangkan karena bangunannya masih rusak.
Dahulunya PONDOK PESANTREN DARBI ini tidak dalam bentuk pendidikan formal tetapi di gunakan untuk mengaji dan kegiatan-kegiatan kerohanian mujahadahan, pengajian, majelis ngaji dan lain sebagainya. Di karenakan gempa tersebut dan pendririnyapun meninggal dunia maka dari itu PONDOK PESANTREN di tutup, tetapi tidak sepenuhnya di tutup masih ada kegiatan lain di PONDOK PESANTERN ini terkhusus untuk malam-malam islam selalu di adakan kegiatan nyantri bareng tetapi santri tidak menginap.
Akhir 2006 mendirikan TK dan SD ISLAM meski tidak ada yang mukim disitu tapi namanya masih Pondok pesantren namun kata beliau pada akhirnya nanti tetap akan dijadikan pondok pesantren.Meskipun sekolah TK dan SD islam Darul Muhibbin satu yayasan namun sekolah tersebut kepala sekolah dari SD dan Tk berbeda. Yayasan Solahiyah ini adalah yayasan NU.










B.     SD ISLAM DARUL MUHIBBIN
SD Islam Darul Muhibin merupakan sebuah SD IT yang beralamatkan di Slegrengan, Kalitengah Wedi Klaten. SD ini di bangun pada tahun 2011 setelah Pondok pesantren darul muhibin di tutup dan difokuskan untuk jenjang pendidikan Formal. SD ini baru terdiri dari 4 kelas di karenakan sekolah ini masih bisa dikatakn sekolah baru. Tetapi kualitas yang ada di SD ini tidak kalah bagus dengan SD-SD pada umunya karena sekolah ini memiliki program unggulan yaitu berupa program pengembangan diri yang lebih di khususkan tentang agama. Maka dari itu siswa yang ada di SD ini benar-benar di didik untuk memiliki nilai-nilai agama yang tinggi.
SD Darul Muhibin ini dapat dikatakan sebagai sekolah satu atap karena SD ini menjadi satu dengan TK dan PAUD Darbi. Kedua lembaga pendidikan ini berada dalam satu yayasan islam yaitu Nahdatul Ulama. Tetapi uniknya walaupun satu atap  kedua lembaga pendidikan ini memiliki 2 orang kepala sekolah yaitu 1 untuk SD dan 1 untuk TK dan PAUD.

1.      VISI DAN MISI SD DARUL MUHIBIN
*      Visi :
Terwujudnya sekolah yang islami, mandiri, berkualitas, terjangkau dengan warga sekolah yang berilmu luas, berakhlak mulia dan bermanfaat bagi sesame.
*      Misi :
§  Menanamkan iman dan taqwa melalui pengamalan ajaran agama.
§  Mengoptimalkan system dan proses pembelajaran serta bimbingan.
§  Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK, bahasa, olahraga, dan seni budaya sesuai minat, bakat dan potensi siswa.
§  Menjalin kerjasama yang harmonis antar warga sekolah.
2.      PROGRAM PENGAJARAN
§  Muatan nasional yang disesuai kurikulum nasional yang berlaku di Sekolah Dasar.
§  Muatan lokal terdiri dari bahasa jawa dan bahas ingris

3.      PROSES PEMBELAJARAN
Proses pembelajran yang ada di sekolah ini adalah seperti sekolah umum lainya yaitu dari jam 07.00- 12.00 WIB. Namun yang membedakan sekolah ini dengan sekolah lain yaitu setiap pulang sekolah mereka melanjutkan mata pelajran tambahan yaitu berupa ekstrakulikuler wajib islam yang dilakukan setiap harinya. Selain itu di sekolah ini siswa lebih di ajarkan untuk displin dalam beribadah tepat waktu.
Tetapi jika hari jumat dan sabtu proses belajar mengajar dilakukan dari jam 07.00- 11.00 hal ini dilakukan agar siswa ada kesempatan untuk pulang lebih awal dan tidak pulang sore. Berhubung anak-anak yang sekolah di sekolah ini kebanyakan dari luar desa kalitengah sendiri maka jika pihak sekolah selalu mempunyai nomor Hp orangtua/wali murid siswa. Hal ini dilakukan agar lebih mudah untuk menghubungi orang tua wali murid jika di sekolah ada acar-acar dadakan seperti rapat guru dadakan dll.
4.      STRUKTUR SEKOLAH
Di dalam SD DARUL MUHIBIN ni terdiri dari 1 orang kepala sekolah dan 7 orang guru dan 1 orang penjaga sekolah. Kepala sekolah yang ada di SD ini memiliki pendidikan Sarjana Pendidikan tetapi beliau sudah pensiun menjadi PNS dan sekarang menjabat sebagai kepala sekolah SD Darbi. Sedangkan untuk tenaga pengajarnya ada beberapa yang sudah menjadi sarjana, ada beberapa yang lulusan SMA sedangkan ada beberapa guru yang masih mengampu jenjang pendidikan tinggi.
5.      PENGEMBANGAN DIRI
Berupa pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan yang diberikan  oleh siswa yang mana kegiatan ekstra kulikuler ini di laksnakan setiap hari seusai pulang sekolah maka dari itu anak-anak akan pulang sore setiap harinya karena ada kegiatan ektrakulikuler tersebut. Program ekstrakulikuler tersebut antara lain :
Agama
·         Baca tulis Al Qur’an metode Yanbu’a
·         Hafalan Al Qur’an dan Hadist
·         Bahasa arab
·         Ilmu tafsir Al Qur’an
·         Ilmu hadist nabi
·         Ilmu fikih ibadah
·         Ilmu tajwid
·         Ilmu aqidah
·         Akhlak/ihsan
a.       Kewiraan adalah suatu ekstra kulikuler wajib yang harus di ikuti oleh siswa tetapi bukan dalam bentuk keagaan yaitu lebih bersifat tentang ekstrakulikuler umum yang sering dilakukan di sekolah-sekolah lain yaitu seperti pramuka yang mengajarkan tentang kecintaan terhadap alam dan sekitarnya.
b.      Teknologi informasi dan komputer (TIK)
 yaitu suatu pembelajaran yang ada di SD ini, anak di ajarkan tentang teknologi seperti bagaimana cara menggoprasikan Komputer. Hal ini dilakukan agar si anak dapat mengetahui perkembangan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Anak akan di ajarkan mengenai hal-hal umum tentang komputer terlebih dahulu agar lebih efektif dan efisien.
c.       Seni yaitu kegiatan yang dilakukan oleh siswa SD DARBI agar anak akan lebih mengetahui tentang keseniaan seperti yang di ajarkan di dalam agama bahwa kita selalu harus mempelajari seni. Kegiatan kesenian yang di lakukan antara lain ada yang secara umum yaitu : Drum band
Sedanglan untuk program seni khusus yang dilakukan yaitu lebih bersifat keagamaan yaitu: Seni rebana dan nasyid, Seni baca Al Qur’an (Qiro’ah) dan Seni kaligrafi/khath
6.      Program penunjang
Merupakan program yang dilakukan pihak sekolah dalam kegiatan-kegiatan khusus dan dilaksanakan pada saat-saat tertuntu seperti
·         Pesantren ramadhan
Berupa pesantren yang dilakukan saat bulan-bulan ramadhan agar lebih mengajarkan siswa tentang kenikmatan-kenikmatan bulan Ramadhan.
·         Manasik haji merupakan pembelajaran yang diberikan kepada siswa bagaimana cara melakukan ibadah haji itu sendiri, seperti simulasi naik haji.

·         Pembelajaran Qurban
Di lakukan saat bulan qurban lebih mengajarkan siswa tentang makna qurban itu sendiri serta berpraktek langsung dalam berqurban seperti melihat proses penyembelihan hewan qurban.
·         Halaqoh tadarus yaitu kegiatan ngaji bareng agar memperdalam ilmu baca alquran siswa.
·         Studi tour (wisata edukasi)
Dilakukan dengan mengajak anak bermain di luar sekolah agar mereka mendapatkan ilmu baru selain dari sekolah
·         Bakti lingkungan
Kegiatan yang dilakukan sebagai rasa cinta kepada lingkungan dapat berupa kerja bakti di lingkungan, bersih-bersih jalan dan memungut sampah-sampah yang ada di jalan.
·         Eksplorasi perpustakaan
Kegiatan yang dilakukan seperti pemaknaan  perpustakaan mengajarkan buday membaca sejak dini.
·         Toilet training
Kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah yang mengajarkan bagaimana adap saat ke kamar mandi mulai dari masuk sampai keluar kembali dan hal-hal apasajakah yang harus di ketahui agar kita tidak terkena najis.
·         Kegiatan pembiasaan
Pembentukan perilaku melalui berbagai terapi dan pembiasaan.
·         Pembinaan siswa berprestasi
Pembinaan yang dilakukan untuk melatih siswa-siswa yang berprestasi untuk mengikuti kegiatan lomba-lomba anar SD.
·         Outdoor learning & training
Pembelajaran di luar kelas seperti bermain sambil belajr. Siswa sesekali di berikan pembelajaran keluar kelas bisa jalan-jalan luar kelas, outbond dan renang bareng.




7.      KUALIFIKASI LULUSAN
Lulusan dari SD Darul Muhibin ini diharapkan dapat memenuhi kriteria sebagai berikut:
·         Bersertifikasi sholat dan wudhu
·         Bersertifikasi baca tulis Al Qur’an (dengan tartil dan tajwid)
·         Bersertifikasi pramuka siaga
·         Hafal minimal 1 juz Al Qur’an
·         Hafal minimal 20 hadist pilihan
·         Hafal minimal 20 ayat pilihan
·         Hafal surat penting dalam Al Qur’an
8.      INPUT DAN OUTPUT
a.       INPUT
Input yang diperoleh SD ini dari semua kalangan baik orang-orang yang tidak mampu sampai yang mampu. Sedangkan kualifikasi siswanya sendri biasanya anak yang sekolah disekolah ini sedang-sedang saja tidak terlalu bodoh dan pintar. Justru anak yang sekolah di sekolah ini sangat benar-benar di didik agar anak tersebut dapat menjadi lebih baik lagi.
b.      OUTPUT
SD DARBI ini belum memiliki output dikarenakan SD ini baru berdiri selama 4 tahun dan masih terdiri dari 4 Kelas. Dan harapanya jika sudah memilki output siswa dapat meneruskan pendidikanya di sekolah- sekolah Negeri maupun sekolah islam lainya.  
C.    TK ISLAM DARUL MUHIBBIN
1.      VISI DAN MISI
·         VISI
Terbinaannya Anak Soleh, Mandiri dan Berprestasi
·         MISI
-          Menyelenggarakan pendidikan pra sekolah yang berkualitas tinggi namun dengan landasan nilai-nilai iman islam
-          Mengoptimalkan muatan Kurikulum Nasional tetapi tidak menomor duakan muatan ajaran islam
-          Menanamkan perilaku islami dan kesucian hati imani sejak dini
-          Mengembangkan dan mengarahkan kemampuan dasar anak seoptimal mungkin.
2.      STRUKTUR SEKOLAH
Di KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN terdapat 6 guru pengajar dan 1 kepala sekolah, kepala sekolah berpendidikan S1, sebagian guru pengajar ada yang masih kuliah sebagian lulusan SMA yang mempunyai ketrampilan mengajar.
Jumlah murid ada 55 yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu KB-TK. Di dalam kelas TK-KB ada 2 guru disetiap kelas hal ini diharapkan belajarnya lebih kondusif, perhatian terhadap anak lebih maksimal serta lebih mudah dalam mengelola kelas agar lebih aktiv.
3.      PROSES PEMBELAJARAN
Jam belajar di KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN hari senin-kamis jam 07.30-12.00, sedangkan hari jumat dan sabtu jam 7.30-10.00.
4.      METODE PEMBELAJARAN
KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN menggunakan metode pembelajaran yaitu:
·         Child Oriented
Tepat guna dan sesuai kemampuan anak.
·         Learn and Play Methods
Belajar sambil bermain, sehingga belajar terasa menyenangkan dan tidak membosankan.
·         Student Active Learning
Siswa di dorong untuk lebih aktive dalam kegiatan belajar mengajar, bukan hanya pasif menerima keterangan dari guru.
·         Islamic Living Values
Pembiasaan perilaku islami sejak dini seperti menyikat gigi dan berwudhu, sholat dhuha, pakaian seragam yang islami, adab dan akhlak islami, doa sehari-hari dll.
·         Islamic Daily Praying With Fun
Program pembiasaan amaliyah ibadah sehari-hari yang dibuat agar dapat menyenangkan.


Program pembelajaran seperti ini yang membedakan TK DARBI berbeda dengan TK-TK pada umumnya. Selain itu di KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN menanamkan prilaku islami. Seperti setiap paginya dilakukan mengaji dan hafalan juz’ama yang dilakukan setiap pagi sebelum jam belajar yaitu jam 07.00 WIB. Hal ini dilakukan agar si anak sudah di tanamkan nilai-nilai islam sejak dini, selain itu setiap satu bulan sekali anak diberi makanan bergizi dari pihak sekolah untuk menunjang dan membantu proses pertumbuhan anak.
5.      KURIKULUM
Di KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN menggunakan kurikulum dari pemerintah (KTSP) dan menambahkan kurikulum yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Adapun kurikulum yang ditetapkan dari sekolah adalah:
a.       Kurikulum reguler
Yaitu kurikulum umum yang digunakan oleh seluruh TK dan PAUD kurikulum ini merupakan kurikulum yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Kurikulum ini terdiri dari beberapa aspek yaitu antar lain:
1.      Pengembangan pembentukan perilaku
ü  Pemgembangan nilai-nilai agama  dan moral
ü  Pengembangan sosial, emosional, dan kemandirian.
2.      Pengembangan kemampuan dasar
ü  Pengembangan kognitif
ü  Pengembangan bahasa
ü  Pengembangan fisik motorik
ü  Pengembangan seni
b.      Kurikulum Agama
Merupakan kurikulum Tambahan yang diberikan oleh pihak KB-TK DARBI . Karena TK dan PAUD DARBI ini merupakan TK islam maka di dalam pembelajaranya diberikan materi-materi tantang keislaman anatar lain:
ü  Baca tulis alquran
ü  Fikih dasar sholat dan wudhu
ü  Toharoh
ü  Hafalan alquran 30 juz
ü  Hafalan doa sholat dan wudlu
ü  Hafalan doa sehari-hari

c.       Kurikukulum Esktrakurikuler
Merupakan kurikulum tambahan di luar jam pelajaran, kurikulum ini diberikan untuk melatih kecerdasan motorik anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Kurikulum ekstrakulikuler terdiri dari ;
ü  Drum band ( anak akan diajarkan bermain musik )
ü  Sempoa ( anak akan diajarkan bagaimana cara menghitung dengan baik dan tepat.)
6.      PROGRAM PENUNJANG
Merupakan program penunjang yang diberikan kepada siswa dapat berbeentuk pelatihan maupun pemeliharaan kegiatan ini terdiri dari:
ü  Pemeriksaan kesehatan oleh tim medis seperti cek kebersihan gigi dan mata.  
ü  Manasik haji
ü  Study tour
ü  Praktik kegiatan lapangan (PKL) anak akan diajak berexplorisasi ke lingkungan luar.
ü  Pentas anak islami berupa kegiatan pentas-pentas seni islami anak bisa berupa hafalan surat dan menyanyi lagu islam
ü  Selain kegiatan diatas diadakan juga les membaca alquran setelah jam belajar selesai, renang, ekstra menulis dan membaca.
7.      SARANA DAN PRASARANA
Di KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN terdapat 3 ruang, terdiri dari 2 ruang kelas dan 1 ruang guru dan kepala sekolah ruang kelas terdiri atas 2 ruangan karena 1 untuk anak KB atau PAUD dan 1 untuk anak TK sedangkan  terdapat fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yaitu sebagai berikut:
ü  Aneka permainan anak (dalam dan luar ruangan)
ü  Alat peraga
ü  Alat kesenian (umum dan islami)
ü  Mushola yang luas
ü  Halaman yang luas
ü  Perpustakaan anak
ü  Audio visual pendidikan

8.      INPUT
Input di KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN seperti sekolah yang lain, dengan syarat pendaftaran sebagai berikut:
ü  Mengisi formulir pendaftaran
ü  Fotocopy 1 lembar akta kelahiran
ü  Fotocopy 1 lembar kartu keluarga (KK)
ü  Pas foto terbaru 3X4
ü  Membayar biaya pendaftaran 50.000
9.      OUTPUT
Lulusan dari KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN bisa melajutkan ke SD ISLAM DARUL MUHIBBIN atau sekolah lainnya. Dari pihak sekolah sendiri tidak memaksa untuk meneruskan ke SD ISLAM DARULMUHIBBIN. Diharapkan setelah sekolah di KB-TK tersebut para peserta didik mempunyai kemampuan untuk baca tulis alquran dengan  baik serta dpat membaca dan menghafal ayat-ayat alquran.


















BAB III
PENUTUP
A.           Kesimpulan
Pondok pesantren merupakan satu bentuk pendidikan  keislaman yang melembaga di Indonesia. Dalam perkembangannya, menampakkan keberadaan sebagai lembaga pendidikan  Islam yang mumpuni, di dalamnya didirikan sekolah, baik secara formal maupun nonformal.
SD Darul Muhibin ini dapat dikatakan sebagai sekolah satu atap karena SD ini menjadi satu dengan TK dan PAUD Darbi. Kedua lembaga pendidikan ini berada dalam satu yayasan islam yaitu Nahdatul Ulama. Tetapi uniknya walaupun satu atap  kedua lembaga pendidikan ini memiliki 2 orang kepala sekolah yaitu 1 untuk SD dan 1 untuk TK dan PAUD. Program pembelajaran yang membedakan TK DARBI berbeda dengan TK-TK pada umumnya. Selain itu di KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN menanamkan prilaku islami. Seperti setiap paginya dilakukan mengaji dan hafalan juz’ama. Hal ini dilakukan agar si anak sudah di tanamkan nilai-nilai islam sejak dini, selain itu setiap satu bulan sekali anak diberi makanan bergizi dari pihak sekolah untuk menunjang dan membantu proses pertumbuhan anak.

B.            Saran
Didalam SD-KB/TK ISLAM DARUL MUHIBBIN sebaiknya lebih diperhatikan oleh pemerintah. Karena setelah kami mengamati, disekolah tersebut dari pihak tenaga pengajarnya sangat terlihat ingin mengembangkan sekolah agar terlihat lebih maju namun karena keterbatasan fasilitas menjadikan sekolah tersebut kurang dikenal oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar