Ini merupakan salah satu hasil observasi saya bersama teman-teman seangkatan mengenai model-model kelembagaan pendidikan
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG MASALAH
Pendidikan adalah hal terpenting dalam kehidupan
seseorang. Melalui pendidikan, seseorang dapat dipandang terhormat, memiliki
karir yang baik serta dapat bertingkah sesuai norma-norma yang berlaku. Tujuan
pendidikan itu untuk menciptakan pribadi berkualitas dan memiliki karakter
sehingga mempunyai visi yang luas kedepan untuk menggapai cita-cita yang
diharapkan serta mampu beradaptasi secara efisien dalam berbagai lingkungan.
Jadi salah satu konsep pendidikan itu sendiri adalah untuk sarana motivasi diri
supaya menjadi lebih baik.
Pendidikan
bisa dimulai semenjak bayi masih berada dalam kandungan seperti yang banyak
orang lakukan dengan memperdengarkan musik, membaca untuk sang bayi yang masih
berada dalam kandungan atau mengajaknya bercakap-cakap. Hal ini dilakukan
dengan harapan dapat memberi masukan ilmu kepada sang bayi sebelum proses
kelahiran. Dalam kelembagaan pendidikan tidak hanya berbentuk umum saja tetapi
ada juga yang kelembagaannya berbentuk pondok pesantren.
Pondok pesantren merupakan satu bentuk pendidikan keislaman
yang melembaga di Indonesia. Dalam
perkembangannya, menampakkan keberadaan sebagai lembaga pendidikan Islam
yang mumpuni, di dalamnya didirikan sekolah, baik secara formal maupun
nonformal. Salah satunya adalah pondok pesantren Darul Muhibbin yang ada di
Slegrengan, Kalitengah, Wedi, Klaten. Pondok pesantren
tersebut terdiri dari pendidikan formal TK dan pendidikan SD, bisa juga
dikatakan sekolah satu atap.
Pendidikan tingkat SD yang ada disitu hanya ada 4
kelas yaitu kelas 1 sampai kelas 4 karena masih baru berdiri 4 tahun bagi yang
tingkat SD. Sedangkan tingkat TK sudah lumayan lama berdiri. Sekolah formal TK
dan SD Islam Darul Muhibbin tersebut pendidikannya lebih condong ke pendidikan
islam daripada pendidikan umumnya. Jika dipresentasekan kira-kira pendidikan umumnya
hanya 30% sedangkan yang 70% ke pendidikan islamnya, dan juga sekolahan
tersebut juga memiliki ekstra kurikuler seperti sekolah-sekolah umum biasanya
contonya drumband dan sebagainya, tetapi ada juga ekstra membaca al-qur’an.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
SEJARAH
Pada mulanya
Bapak K.H MUHAMMAD LUTFI bersama temannya
dari madiun jawa timur mendirikan PONDOK PESANTREN, beliau mendirikan
PONPES Darul Muhibbin, namun pada tahun 2006 beliau meninggal dunia karena
gempa dan bangunan rumahnya roboh dan menjatuhi beliau.
Setelah beliau wafat
diteruskan oleh anaknya yang
bernama ADNAN BISRI. Namun seiring berjalannya waktu para santri sebagian ada yang menikah, pulang ke kampung
halamannya dan ada juga yang masih
disitu namun akhirnya tetep dipulangkan karena bangunannya masih rusak.
Dahulunya PONDOK PESANTREN DARBI ini tidak dalam
bentuk pendidikan formal tetapi di gunakan untuk mengaji dan kegiatan-kegiatan
kerohanian mujahadahan, pengajian, majelis ngaji dan lain sebagainya. Di
karenakan gempa tersebut dan pendririnyapun meninggal dunia maka dari itu
PONDOK PESANTREN di tutup, tetapi tidak sepenuhnya di tutup masih ada kegiatan
lain di PONDOK PESANTERN ini terkhusus untuk malam-malam islam selalu di adakan
kegiatan nyantri bareng tetapi santri tidak menginap.
Akhir 2006
mendirikan TK dan SD ISLAM meski tidak ada yang mukim disitu tapi namanya masih
Pondok pesantren namun kata beliau pada akhirnya nanti tetap akan dijadikan
pondok pesantren.Meskipun sekolah TK dan SD islam Darul Muhibbin satu yayasan
namun sekolah tersebut kepala sekolah dari SD dan Tk berbeda.
Yayasan Solahiyah ini adalah
yayasan NU.
B.
SD
ISLAM DARUL MUHIBBIN
SD Islam Darul Muhibin merupakan sebuah
SD IT yang beralamatkan di Slegrengan, Kalitengah Wedi Klaten. SD ini di bangun
pada tahun 2011 setelah Pondok pesantren darul muhibin di tutup dan difokuskan
untuk jenjang pendidikan Formal. SD ini baru terdiri dari 4 kelas di karenakan
sekolah ini masih bisa dikatakn sekolah baru. Tetapi kualitas yang ada di SD
ini tidak kalah bagus dengan SD-SD pada umunya karena sekolah ini memiliki
program unggulan yaitu berupa program pengembangan diri yang lebih di khususkan
tentang agama. Maka dari itu siswa yang ada di SD ini benar-benar di didik
untuk memiliki nilai-nilai agama yang tinggi.
SD Darul Muhibin ini dapat dikatakan
sebagai sekolah satu atap karena SD ini menjadi satu dengan TK dan PAUD Darbi.
Kedua lembaga pendidikan ini berada dalam satu yayasan islam yaitu Nahdatul
Ulama. Tetapi uniknya walaupun satu atap kedua lembaga pendidikan ini memiliki 2 orang
kepala sekolah yaitu 1 untuk SD dan 1 untuk TK dan PAUD.
1. VISI
DAN MISI SD DARUL MUHIBIN
Visi :
Terwujudnya sekolah
yang islami, mandiri, berkualitas, terjangkau dengan warga sekolah yang berilmu
luas, berakhlak mulia dan bermanfaat bagi sesame.
Misi :
§ Menanamkan
iman dan taqwa melalui pengamalan ajaran agama.
§ Mengoptimalkan
system dan proses pembelajaran serta bimbingan.
§ Mengembangkan
pengetahuan di bidang IPTEK, bahasa, olahraga, dan seni budaya sesuai minat,
bakat dan potensi siswa.
§ Menjalin
kerjasama yang harmonis antar warga sekolah.
2. PROGRAM
PENGAJARAN
§ Muatan
nasional yang disesuai kurikulum nasional yang berlaku di Sekolah Dasar.
§ Muatan
lokal terdiri dari bahasa jawa dan bahas ingris
3. PROSES
PEMBELAJARAN
Proses
pembelajran yang ada di sekolah ini adalah seperti sekolah umum lainya yaitu
dari jam 07.00- 12.00 WIB. Namun yang membedakan sekolah ini dengan sekolah
lain yaitu setiap pulang sekolah mereka melanjutkan mata pelajran tambahan
yaitu berupa ekstrakulikuler wajib islam yang dilakukan setiap harinya. Selain
itu di sekolah ini siswa lebih di ajarkan untuk displin dalam beribadah tepat
waktu.
Tetapi
jika hari jumat dan sabtu proses belajar mengajar dilakukan dari jam 07.00-
11.00 hal ini dilakukan agar siswa ada kesempatan untuk pulang lebih awal dan
tidak pulang sore. Berhubung anak-anak yang sekolah di sekolah ini kebanyakan
dari luar desa kalitengah sendiri maka jika pihak sekolah selalu mempunyai
nomor Hp orangtua/wali murid siswa. Hal ini dilakukan agar lebih mudah untuk menghubungi
orang tua wali murid jika di sekolah ada acar-acar dadakan seperti rapat guru
dadakan dll.
4. STRUKTUR
SEKOLAH
Di
dalam SD DARUL MUHIBIN ni terdiri dari 1 orang kepala sekolah dan 7 orang guru
dan 1 orang penjaga sekolah. Kepala sekolah yang ada di SD ini memiliki
pendidikan Sarjana Pendidikan tetapi beliau sudah pensiun menjadi PNS dan
sekarang menjabat sebagai kepala sekolah SD Darbi. Sedangkan untuk tenaga
pengajarnya ada beberapa yang sudah menjadi sarjana, ada beberapa yang lulusan
SMA sedangkan ada beberapa guru yang masih mengampu jenjang pendidikan tinggi.
5. PENGEMBANGAN
DIRI
Berupa pembelajaran dan
kegiatan ekstrakurikuler wajib dan pilihan yang diberikan oleh siswa yang mana kegiatan ekstra kulikuler
ini di laksnakan setiap hari seusai pulang sekolah maka dari itu anak-anak akan
pulang sore setiap harinya karena ada kegiatan ektrakulikuler tersebut. Program
ekstrakulikuler tersebut antara lain :
Agama
·
Baca tulis Al Qur’an metode Yanbu’a
·
Hafalan Al Qur’an dan Hadist
·
Bahasa arab
·
Ilmu tafsir Al Qur’an
·
Ilmu hadist nabi
·
Ilmu fikih ibadah
·
Ilmu tajwid
·
Ilmu aqidah
·
Akhlak/ihsan
a. Kewiraan
adalah suatu ekstra kulikuler wajib yang harus di ikuti oleh siswa tetapi bukan
dalam bentuk keagaan yaitu lebih bersifat tentang ekstrakulikuler umum yang
sering dilakukan di sekolah-sekolah lain yaitu seperti pramuka yang mengajarkan
tentang kecintaan terhadap alam dan sekitarnya.
b. Teknologi
informasi dan komputer (TIK)
yaitu suatu pembelajaran yang ada di SD ini,
anak di ajarkan tentang teknologi seperti bagaimana cara menggoprasikan
Komputer. Hal ini dilakukan agar si anak dapat mengetahui perkembangan
teknologi yang sedang berkembang saat ini. Anak akan di ajarkan mengenai
hal-hal umum tentang komputer terlebih dahulu agar lebih efektif dan efisien.
c. Seni
yaitu kegiatan yang dilakukan oleh siswa SD DARBI agar anak akan lebih
mengetahui tentang keseniaan seperti yang di ajarkan di dalam agama bahwa kita
selalu harus mempelajari seni. Kegiatan kesenian yang di lakukan antara lain
ada yang secara umum yaitu : Drum band
Sedanglan untuk program
seni khusus yang dilakukan yaitu lebih bersifat keagamaan yaitu: Seni rebana
dan nasyid, Seni baca Al Qur’an (Qiro’ah) dan Seni kaligrafi/khath
6. Program
penunjang
Merupakan program yang
dilakukan pihak sekolah dalam kegiatan-kegiatan khusus dan dilaksanakan pada
saat-saat tertuntu seperti
·
Pesantren ramadhan
Berupa pesantren yang
dilakukan saat bulan-bulan ramadhan agar lebih mengajarkan siswa tentang kenikmatan-kenikmatan
bulan Ramadhan.
·
Manasik haji merupakan pembelajaran yang
diberikan kepada siswa bagaimana cara melakukan ibadah haji itu sendiri,
seperti simulasi naik haji.
·
Pembelajaran Qurban
Di lakukan saat bulan
qurban lebih mengajarkan siswa tentang makna qurban itu sendiri serta
berpraktek langsung dalam berqurban seperti melihat proses penyembelihan hewan
qurban.
·
Halaqoh tadarus yaitu kegiatan ngaji
bareng agar memperdalam ilmu baca alquran siswa.
·
Studi tour (wisata edukasi)
Dilakukan dengan
mengajak anak bermain di luar sekolah agar mereka mendapatkan ilmu baru selain
dari sekolah
·
Bakti lingkungan
Kegiatan yang dilakukan
sebagai rasa cinta kepada lingkungan dapat berupa kerja bakti di lingkungan,
bersih-bersih jalan dan memungut sampah-sampah yang ada di jalan.
·
Eksplorasi perpustakaan
Kegiatan yang dilakukan
seperti pemaknaan perpustakaan
mengajarkan buday membaca sejak dini.
·
Toilet training
Kegiatan yang dilakukan
oleh pihak sekolah yang mengajarkan bagaimana adap saat ke kamar mandi mulai
dari masuk sampai keluar kembali dan hal-hal apasajakah yang harus di ketahui
agar kita tidak terkena najis.
·
Kegiatan pembiasaan
Pembentukan perilaku
melalui berbagai terapi dan pembiasaan.
·
Pembinaan siswa berprestasi
Pembinaan yang
dilakukan untuk melatih siswa-siswa yang berprestasi untuk mengikuti kegiatan
lomba-lomba anar SD.
·
Outdoor learning & training
Pembelajaran di luar
kelas seperti bermain sambil belajr. Siswa sesekali di berikan pembelajaran
keluar kelas bisa jalan-jalan luar kelas, outbond dan renang bareng.
7. KUALIFIKASI
LULUSAN
Lulusan dari SD Darul
Muhibin ini diharapkan dapat memenuhi kriteria sebagai berikut:
·
Bersertifikasi sholat dan wudhu
·
Bersertifikasi baca tulis Al Qur’an
(dengan tartil dan tajwid)
·
Bersertifikasi pramuka siaga
·
Hafal minimal 1 juz Al Qur’an
·
Hafal minimal 20 hadist pilihan
·
Hafal minimal 20 ayat pilihan
·
Hafal surat penting dalam Al Qur’an
8. INPUT
DAN OUTPUT
a. INPUT
Input yang diperoleh SD
ini dari semua kalangan baik orang-orang yang tidak mampu sampai yang mampu.
Sedangkan kualifikasi siswanya sendri biasanya anak yang sekolah disekolah ini
sedang-sedang saja tidak terlalu bodoh dan pintar. Justru anak yang sekolah di
sekolah ini sangat benar-benar di didik agar anak tersebut dapat menjadi lebih
baik lagi.
b. OUTPUT
SD DARBI ini belum
memiliki output dikarenakan SD ini baru berdiri selama 4 tahun dan masih
terdiri dari 4 Kelas. Dan harapanya jika sudah memilki output siswa dapat
meneruskan pendidikanya di sekolah- sekolah Negeri maupun sekolah islam lainya.
C.
TK
ISLAM DARUL MUHIBBIN
1. VISI
DAN MISI
·
VISI
Terbinaannya Anak
Soleh, Mandiri dan Berprestasi
·
MISI
-
Menyelenggarakan pendidikan pra sekolah yang
berkualitas tinggi namun dengan landasan nilai-nilai iman islam
-
Mengoptimalkan muatan Kurikulum Nasional
tetapi tidak menomor duakan muatan ajaran islam
-
Menanamkan perilaku islami dan kesucian
hati imani sejak dini
-
Mengembangkan dan mengarahkan kemampuan
dasar anak seoptimal mungkin.
2. STRUKTUR
SEKOLAH
Di
KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN terdapat 6 guru pengajar dan 1 kepala sekolah,
kepala sekolah berpendidikan S1, sebagian guru pengajar ada yang masih kuliah
sebagian lulusan SMA yang mempunyai ketrampilan mengajar.
Jumlah murid ada 55
yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu KB-TK. Di dalam kelas TK-KB ada 2 guru
disetiap kelas hal ini diharapkan belajarnya lebih kondusif, perhatian terhadap
anak lebih maksimal serta lebih mudah dalam mengelola kelas agar lebih aktiv.
3. PROSES
PEMBELAJARAN
Jam belajar di KB-TK
ISLAM DARUL MUHIBBIN hari senin-kamis jam 07.30-12.00, sedangkan hari jumat dan
sabtu jam 7.30-10.00.
4. METODE
PEMBELAJARAN
KB-TK ISLAM DARUL
MUHIBBIN menggunakan metode pembelajaran yaitu:
·
Child Oriented
Tepat guna dan sesuai
kemampuan anak.
·
Learn and Play Methods
Belajar sambil bermain,
sehingga belajar terasa menyenangkan dan tidak membosankan.
·
Student Active Learning
Siswa di dorong untuk
lebih aktive dalam kegiatan belajar mengajar, bukan hanya pasif menerima
keterangan dari guru.
·
Islamic Living Values
Pembiasaan perilaku
islami sejak dini seperti menyikat gigi dan berwudhu, sholat dhuha, pakaian
seragam yang islami, adab dan akhlak islami, doa sehari-hari dll.
·
Islamic Daily Praying With Fun
Program pembiasaan
amaliyah ibadah sehari-hari yang dibuat agar dapat menyenangkan.
Program
pembelajaran seperti ini yang membedakan TK DARBI berbeda dengan TK-TK pada
umumnya. Selain itu di KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN menanamkan prilaku islami.
Seperti setiap paginya dilakukan mengaji dan hafalan juz’ama yang dilakukan
setiap pagi sebelum jam belajar yaitu jam 07.00 WIB. Hal ini dilakukan agar si
anak sudah di tanamkan nilai-nilai islam sejak dini, selain itu setiap satu
bulan sekali anak diberi makanan bergizi dari pihak sekolah untuk menunjang dan
membantu proses pertumbuhan anak.
5. KURIKULUM
Di
KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN menggunakan kurikulum dari pemerintah (KTSP) dan
menambahkan kurikulum yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Adapun kurikulum yang
ditetapkan dari sekolah adalah:
a. Kurikulum
reguler
Yaitu kurikulum umum
yang digunakan oleh seluruh TK dan PAUD kurikulum ini merupakan kurikulum yang
dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Kurikulum ini terdiri dari beberapa aspek
yaitu antar lain:
1. Pengembangan
pembentukan perilaku
ü Pemgembangan
nilai-nilai agama dan moral
ü Pengembangan
sosial, emosional, dan kemandirian.
2. Pengembangan
kemampuan dasar
ü Pengembangan
kognitif
ü Pengembangan
bahasa
ü Pengembangan
fisik motorik
ü Pengembangan
seni
b. Kurikulum
Agama
Merupakan kurikulum
Tambahan yang diberikan oleh pihak KB-TK DARBI . Karena TK dan PAUD DARBI ini
merupakan TK islam maka di dalam pembelajaranya diberikan materi-materi tantang
keislaman anatar lain:
ü Baca
tulis alquran
ü Fikih
dasar sholat dan wudhu
ü Toharoh
ü Hafalan
alquran 30 juz
ü Hafalan
doa sholat dan wudlu
ü Hafalan
doa sehari-hari
c. Kurikukulum
Esktrakurikuler
Merupakan kurikulum
tambahan di luar jam pelajaran, kurikulum ini diberikan untuk melatih
kecerdasan motorik anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
Kurikulum ekstrakulikuler terdiri dari ;
ü Drum
band ( anak akan diajarkan bermain musik )
ü Sempoa
( anak akan diajarkan bagaimana cara menghitung dengan baik dan tepat.)
6. PROGRAM
PENUNJANG
Merupakan program
penunjang yang diberikan kepada siswa dapat berbeentuk pelatihan maupun
pemeliharaan kegiatan ini terdiri dari:
ü Pemeriksaan
kesehatan oleh tim medis seperti cek kebersihan gigi dan mata.
ü Manasik
haji
ü Study
tour
ü Praktik
kegiatan lapangan (PKL) anak akan diajak berexplorisasi ke lingkungan luar.
ü Pentas
anak islami berupa kegiatan pentas-pentas seni islami anak bisa berupa hafalan
surat dan menyanyi lagu islam
ü Selain
kegiatan diatas diadakan juga les membaca alquran setelah jam belajar selesai,
renang, ekstra menulis dan membaca.
7. SARANA
DAN PRASARANA
Di
KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN terdapat 3 ruang, terdiri dari 2 ruang kelas dan 1
ruang guru dan kepala sekolah ruang kelas terdiri atas 2 ruangan karena 1 untuk
anak KB atau PAUD dan 1 untuk anak TK sedangkan terdapat fasilitas untuk menunjang kegiatan
belajar mengajar yaitu sebagai berikut:
ü Aneka
permainan anak (dalam dan luar ruangan)
ü Alat
peraga
ü Alat
kesenian (umum dan islami)
ü Mushola
yang luas
ü Halaman
yang luas
ü Perpustakaan
anak
ü Audio
visual pendidikan
8. INPUT
Input di KB-TK ISLAM
DARUL MUHIBBIN seperti sekolah yang lain, dengan syarat pendaftaran sebagai
berikut:
ü Mengisi
formulir pendaftaran
ü Fotocopy
1 lembar akta kelahiran
ü Fotocopy
1 lembar kartu keluarga (KK)
ü Pas
foto terbaru 3X4
ü Membayar
biaya pendaftaran 50.000
9. OUTPUT
Lulusan dari
KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN bisa melajutkan ke SD ISLAM DARUL MUHIBBIN atau
sekolah lainnya. Dari pihak sekolah sendiri tidak memaksa untuk meneruskan ke SD
ISLAM DARULMUHIBBIN. Diharapkan setelah sekolah di KB-TK tersebut para peserta
didik mempunyai kemampuan untuk baca tulis alquran dengan baik serta dpat membaca dan menghafal
ayat-ayat alquran.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pondok
pesantren merupakan satu bentuk pendidikan keislaman
yang melembaga di Indonesia. Dalam
perkembangannya, menampakkan keberadaan sebagai lembaga pendidikan Islam
yang mumpuni, di dalamnya didirikan sekolah, baik secara formal maupun
nonformal.
SD
Darul Muhibin ini dapat dikatakan sebagai sekolah satu atap karena SD ini
menjadi satu dengan TK dan PAUD Darbi. Kedua lembaga pendidikan ini berada
dalam satu yayasan islam yaitu Nahdatul Ulama. Tetapi uniknya walaupun satu
atap kedua lembaga pendidikan ini
memiliki 2 orang kepala sekolah yaitu 1 untuk SD dan 1 untuk TK dan PAUD. Program
pembelajaran yang membedakan TK DARBI berbeda dengan TK-TK pada umumnya. Selain
itu di KB-TK ISLAM DARUL MUHIBBIN menanamkan prilaku islami. Seperti setiap
paginya dilakukan mengaji dan hafalan juz’ama. Hal ini dilakukan agar si anak
sudah di tanamkan nilai-nilai islam sejak dini, selain itu setiap satu bulan
sekali anak diberi makanan bergizi dari pihak sekolah untuk menunjang dan
membantu proses pertumbuhan anak.
B.
Saran
Didalam
SD-KB/TK ISLAM DARUL MUHIBBIN sebaiknya lebih diperhatikan oleh pemerintah.
Karena setelah kami mengamati, disekolah tersebut dari pihak tenaga pengajarnya
sangat terlihat ingin mengembangkan sekolah agar terlihat lebih maju namun
karena keterbatasan fasilitas menjadikan sekolah tersebut kurang dikenal oleh
masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar